9 Tips Salad Buah Tidak Berair dan Tahan Lama

tips salad buah tidak berair

Membuat salad buah sangatlah menyehatkan dan pastinya banyak orang yang suka dengan aneka olahan buah ini. Namun ada beberapa faktor yang membuat salad buah menjadi tidak tahan lama. Berikut tips salad buah tidak berair dan tahan lama.

Untuk kamu yang mempunyai usaha jualan salad buah, maka tepat sekali untuk membaca tips dari kami seputar cara membuat salad buah menjadi tidak berair.

Mengapa kita harus mencegah salad buah menjadi berair adalah agar salad buah tetap awet tahan lama dan bisa di konsumsi untuk 1 harian penuh.

Cara membuat salad buah agar tidak berair ada beraneka macam. Berikut cara dan tips salad buah tidak berair :

  1. Membeli Buah Musiman

Jika kamu menginginkan salad buah yang enak dan segar serta tahan lama, maka yang harus kamu lakukan adalah membeli buah pada musimnya.

Rasa hambar yang ada dalam salad kemungkinan akibat dari buah yang kamu campurkan adalah buah yang belum berbuah sesuai dengan musimnya.

Membeli buah sebelum musimnya akan membuat buah cepat asam, hambar dan cepat busuk sehingga akan meningkatkan kadar air dalam salad buah. Ini akan mempengaruhi rasa dan bercampur ke dalam buah buah lainnya.

Namun jika kamu memang menginginkan buah tidak sesuai dengan musimnya, maka kamu bisa membeli buah tersebut namun harus habis dalam hari itu juga. Jadi tidak bisa digunakan untuk keesokan harinya meskipun kamu masukkan ke kulkas.

  1. Gunakan Madu

Ada banyak salad buah yang beredar menggunakan syrup, gula dan susu untuk menambahkan rasa manis. Namun itu justru salah dan membuat salad menjadi berair.

Ada baiknya kamu menggunakan madu agar rasa lebih manis. Serta kandungan madu yang kental dan mengikat mencegah salad menjadi cepat berair.

  1. Metode Penyimpangan yang Sesuai

Bagaimana cara kamu dalam packing salad buah adalah yang menentukan apakah salad buah akan berair atau tidak. Dan packging yang sesuai akan membuat salad buah akan lebih tahan lama.

Gunakan cling wrap atau ziplock dalam menyimpan salad buah. Ini digunakan untuk membuat kedap udara sehingga buah akan tetap segar.

Atau jika kamu masukkan kedalam wadah toples kecil, maka kamu bisa menambahkan cling wrap untuk sekitar area toples yang dirasa udara bisa masuk kedalam toples.

  1. Simpanlah di Temperatur yang Dingin

Untuk menjaga kesegaran buah di salad, maka yang harus kamu lakukan adalah menyimpan buah kedalam kulkas.

Setelah kamu tutup dengan cling wrap, maka kamu bisa menyimpannya kedalam kulkas sebelum dijual atau disajikan. Usahakan untuk temperaturnya tidak terlalu dingin yang justru membuat salad menjadi beku dibeberapa titik.

  1. Memilih Buah yang Memiliki Kematangan Sama

Untuk membuat salad tidak berair, maka pemilihan buah juga mempengaruhinya. Pilihlah buah yang memiliki tingkat kematangan yang sama.

Selain untuk menjaga tekstur dan rasa yang pas saat dimakan, memilih buah yang memiliki kematangan yang sama juga bisa mempengaruhi salad buah menjadi lebih tahan lama dan tidak berair.

  1. Menggunakan Perasan Jeruk Nipis atau Lemon

Salad buah cepat berair adalah karena adanya proses oksidasi didalam kandungan salad buah sehingga menjadi cepat berair.

Namun kamu bisa menambahkan sedikit perasan air dari jeruk nipis atau lemon sebelum dikemas dan di wraping kemudian simpanlah dalam kulkas yang memiliki suhu dingin yang cukup.

  1. Campuran Dressing

Ada beberapa campuran dressing yang membuat salad menjadi cepat berair. Biasanya yang menggunakan banyak gula dan susu justru akan membuat salad menjadi lebih berair.

Pisahkan terlebih dahulu dressing yang membuat salad menjadi berair sebelum benar benar disajikan. Jadi buatlah dressing dan salad dengan cara terpisah agar tetap fresh dan awet.

  1. Setelah Potong Buah Rendam Dalam Air Dingin

Pada saat pemotongan buah menjadi kecil kecil ada baiknya untuk merendamnya kedalam air dingin sebelum dicampurkan dengan potongan buah lainnya.

Hal ini agar buah setelah dipotong tidak berubah warna dan tidak cepat busuk daripada diletakkan begitu saja dan terkena udara.

Pada saat menyajikan salad buah baru bisa kamu tiriskan dan angkat dari rendaman air dan segera lakukan dressing salad buah.

  1. Tidak Menggunakan Wipe Cream Berlebihan

Jangan menggunakan wipe cream secara berlebihan. Karena jika kamu menggunakan terlalu banyak dan tidak segera dimasukkan kedalam kulkas, maka cream tersebut akan cepat meleleh dan salad akan menjadi berair.

Gunakan toping cream seperlunya atau sebelum disajikan barulah kamu tambahkan cream yang sesuai dengan keinginan.

Penutup

Itu tadi beberapa cara dan tips salad buah tidak berair dan bisa bertahan lebih lama. Ini sangatlah berguna bagi pelaku usaha bisnis salad buah agar salad bisa dijual lebih lama dan tetap dalam keadaan yang fresh.

Baca Juga >>> Cara Agar Bibir Tidak Hitam dan Merah Secara Alami <<<

One Reply to “9 Tips Salad Buah Tidak Berair dan Tahan Lama”

Leave a Reply

Your email address will not be published.