15 Cara Melunakkan Daging Kambing Untuk Sate Tidak Prengus

cara melunakkan daging kambing untuk sate

Bagi pelaku bisnis kuliner atau yang hanya ingin merasakan sate kambing home made, biasanya yang menjadi kendala adalah daging kambing yang alot dan menimbulkan bau prengus. Berikut cara melunakkan daging kambing untuk sate agar lebih lezat dan tidak bau prengus.

Kegiatan bakar sate juga sangat digemari oleh masyarakat indonesia. Apalagi menjelang hari lebaran idul adha. Namun Banyak juga yang salah dalam melakukan olah resep sate kambing yang benar sebelum di bakar.

Daging kambing tergolong salah satu daging yang memerlukan perlakuan khusus untuk cara penyajiannya agar lebih lezat dalam menyantapnya. Namun hanya sebagian orang saja yang tahu bagaimana cara melunakkan daging kambing dan bagaimana sih agar daging kambing tidak menimbulkan bau prengus.

Berikut cara olah daging kambing agar lunak, tidak alot dan tidak beraroma prengus :

  1. Jangan Mencuci !

Untuk tips yang pertama adalah jangan dicuci, kamu hanya cukup untuk membersihkannya dari kotoran dan darah agar daging tetap bersih.

Agar tetap terjaga kehigenisannya daging bisa di bersihkan dengan lap atau kain bersih atau dengan tisue dapur untuk menyerap sisa sisa darah dan kotoran dari kambing.

Jika daging dicuci maka akan membuat daging menjadi berbau amis dan prengus.

  1. Jika Daging Kambing Terlanjur Dicuci

Bagaimana jika kamu terlanjur dicuci atau memang karena faktor kehigenisan daging tercuci dengan bersih?

Ada solusi dan tips jika daging kambing sudah dicuci seprti merebus menggunakan bumbu rempah seperti jahe, daun jeruk, kemangi atau dengan serai.

Jika tidak ada bumbu rempah, kamu bisa juga menggunakan garam kemudian direbus selama kurang lebih 1 jam sebelum dilakukan pengolahan.

  1. Membungkus dengan Daun

Membungkus daging kambing dengan daun pepaya, jati atau dengan daun jambu sangat efektif untuk melunakkan daging kambing. Sebelum diolah kamu bisa membungkusnya terlebih dahulu dengan daun daun diatas tadi.

  1. Perasan Jeruk Nipis

Untuk melunakkan banyak orang yang menyarankan untuk menggunakan perasan air jeruk nipis. Perasan ini juga bisa digunakan untuk membersihkan daging kambing dari beberapa kotoran dan kuman.

Sebagai pengganti menyuci daging kambing, kamu bisa menggunakan perasan jeruk nipis untuk pengganti air agar daging tetap bersih.

Caranya, lumuri daging dengan perasan air jeruk nipis secara merata dan tipis saja. Kemudian diamkan selama kurang lebih 20 – 30 menit sebelum diolah.

  1. Pemilihan dan Umur Daging Kambing

Ada beberapa bagian daging kambing yang empuk dan enak untuk dijadikan aneka olahan terutama sate. Bagiannya seperti punggung, has, dan bagian paha belakang adalah bagian yang wajib untuk dijadiak bahan olahan sate.

Untuk umur atau usia kambing itu sendiri juga sangat mempengaruhi kualitas dari daging. Kambing muda lebih enak karena tidak berbau prengus dan lebih empuk untuk diolah.

  1. Rendam di Parutan Nanas

Kamu juga bisa menggunakan parutan nanas untuk membuat daging menjadi lebih empuk. Parutan nanas ini juga berguna untuk menghilangkan bau prengus dan amis pada daging.

Caranya, rendam daging kedalam parutan nanas namun jangan sampai terlalu lama yang justru membuat daging kambing menjadi mudah hancur. Diamkan selama 30 menit sudah cukup membuat daging menjadi empuk.

  1. Menggunakan Pepaya

Buah pepaya dan bahkan daun pepaya bisa digunakan untuk memuat daging menjadi empuk dan tanpa bau prengus.

Caranya, sebelum di olah bungkus daging menggunakan daun pepaya selama 20 menit setelah itu tusuk dan bakar.

Untuk menggunakan buah pepaya dengan cara parut buahnya tanpa dikupas kulitnya kemudian campurkand dengan daging diamkan selama 30 menit. Jika sudah kering kemudian buang sisa buah pepaya tanpa di bersihkan dengan air.

  1. Bubuk Kopi atau Teh

Banyak orang yang menggunakan bubuk kopi sebagai racikan agar daging menjadi lebih empuk dan memperkuat rasa pada saat diolah nantinya.

Cara pengolahannya adalah kopi di seduh terlebih dahulu, setelah dingin air seduhan kopi di gunakan untuk merendam daging selama kurang lebih 1 hari penuh.

Cara yang sama bisa digunakan dengan menggunakan teh untuk cara melunakkan daging kambing.

  1. Menggunakan Cola

Minuman cola juga bisa membuat daging kambing menjadi lebih empuk. Memang terdengar aneh, namun cara ini digunakan pada restoran barat dengan memanfaatkan cola sebagai bahan rendamannya.

Gunakan cola yang bukan diet coke campurkan pada daging sampai terasa lebih empuk. Kandungan cola juga akan menghilangkan bau amis dan prengus.

  1. Memisahkan Lemak Putih Dengan Daging

Daging yang membuat prengus atau amis adalah yang berasal dari lemak putih yang menempel di daging. Usahakan sebelum mengolah pisahkan terlebih dahulu antara lemak putih dengan daging agar tidak ada lagi aroma amis atau prengus.

  1. Tidak Terkena Api Secara Langsung

Setelah melakukan tips diatas, pada saat di bakar daging sate jangan sampai terkena api secara langsung agar tidak menjadi keras dan lebih cepat gosong.

Bakarlah dengan menggunakan bara api yang sedang. Bakar dengan api sedang akan lebih cepat matang merata dan tidak gosong di beberapa permukaan daging.

  1. Lumuri Dengan Saos Tomat

Pada saat membakar sate lumuri dengan saos tomat, atau campurkan saos tomat sebagai bahan olesan bumbu untuk barbeque.

Kamu juga bisa merendam daging dengan saos tomat sebelum melakukan olahan pembahakan sate selama kurang lebih 1 jam agar saos meresap ke daging dan menjadi lebih empuk.

  1. Menggunakan Cuka atau Baking Soda

Kamu juga bisa menggunakan tambahan cuka atau baking soda sebelum masuk ke olahan daging selanjutnya.

Caranya dengan melumuri bagian daging dengan cuka atau baking soda pada danging lalu diamkan selama kurang lebih 10-15 menit lalu bilas dengan air dingin sebelum diolah.

  1. Rebus dengan Sendok

Jika masih alot, coba rebus daging kambing dan coba masukkan sendok atau garpu stainless diatas daging. Cara ini agar meningkatkan suhu panas didalam panci dengan bantuan sendok tadi.

  1. Pukul Daging Sampai Empuk.

Ada cara bar bar yang bisa kamu gunakan, yaitu menggunakan palu pukul khusus daging atau tenderizer. Pada pemukul ini ada bagian yang tajam yang berguna untuk melubangi daging agar bumbu bisa lebih meresap kedalam bagian daging.

Tumbuk dengan cara perlahan dan sedikit demi sedikit diatas nampan. Ini merupakan cara yang paling mudah untuk membuat daging menjadi lebih empuk.

Baca Juga >>> 9 Tips Salad Buah Tidak Berair dan Tahan Lama <<<

Penutup

Itu tadi 15 tips cara melunakkan daging kambing untuk sate. Selanjutnya adalah bagaimana cara kamu memproses daging. Pada saat memotong daging, usahakan untuk memotong dengan cara berlawanan arah dari vena daging.

Pada saat merebus juga sebaiknya ditutup rapat didalam panci agar hasil lebih maksimal. Jika tips diatas bisa di kerjakan maka otomatis daging kambing akan menjadi lembut empuk dan tidak berbau amis atau prengus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.