8 Cara Mengatasi Buang Air Besar Keras Beserta Penyebabnya

cara mengatasi buang air besar keras

Bagi sebagian orang pasti ada masalah khusus dengan buang air besar baik itu karena BAB keras atau karna sembelit atau yang lainnya. Kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi buang air besar keras dan apa saja sih penyebabnya sehingga bisa terjadi hal demikian?

Susah BAB sehingga menjadikannya keras ada banyak penyebabnya. Mungkin yang paling umum adalah karena kurangnya frekuensi BAB atau tidak BAB secara rutin bisa menjadi salah satu penyebabnya. Lalu bagaimana cara menanganinya ?

Berikut tips cara mengatasi buang air besar keras :

  1. Konsumsi Serat

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah perbanyak konsumsi serat. Buang air besar keras adalah pertanda bahwa tubuh kekurangan serat.

Perbanyak konsumsi makanan yang berserat tinggi merupakan solusinya yaitu sebanyak 18-30 gram dalam seharinya.

Serat didapatkan dari banyak memakan buah, sayuran, kacang kacangan ataupun sereal. Jadi cobalah untuk tips yang pertama ini.

  1. Perbanyak Air Putih

Tanda atau sinyal tubuh bahwa kamu kekurangan air putih adalah dengan BAB keras. Ini disebabkan tubuh kekurangan air dan dehidrasi setiap saat.

Dengan minum air putih secara teratur dan tercukupi, maka tekstur dari tinja akan tidak keras sehingga BAB bisa lebih nyaman.

  1. Lakukan Olahraga Rutin

Aktivitas fisik atau olahraga juga mampu mengatasi buang air besar keras. Tidak perlu yang berat berat, yang terpenting adalah lakukan secara rutin untuk memenuhi hak tubuh kamu.

Seperti berjalan jalan kaki dipagi hari dilaksanakan minimal 2-3 hari dalam seminggu sudah cukup untuk memenuhi hak tubuh kamu untuk berolahraga.

  1. Salah Posisi Saat BAB

Ada tips lainnya dalam mengatasi BAB keras yaitu dengan mengganti posisi saat kamu sedang BAB.

Jika kamu menggunakan toilet duduk maka coba gunakanlah bangku kecil dan taruhlah didepan toiet duduk kamu. Usahakan untuk posisi lutut lebih tinggi dari pinggang agar BAB lebih lancar.

Namun jika kamu menggunakan toilet jongkok maka tidak perlu menggunakan tips ini. Toilet jongkok menurut penelitian lebih baik untuk melancarkan BAB daripada toilet duduk. Jadi jika kamu menggunakan toilet duduk maka coba ubahlah posisinya seperti orang mau jongkok.

  1. Mempunyai Jadwal Rutin BAB

Kamu harus membuat jadwal rutin dalam BAB. Misal coba kamu rutinkan sehari sekali pada saat pagi hari sebelum berangkat kerja atau aktivitas sehari hari.

BAB keras dikarenakan kamu terlalu menunda nunda jadwal BAB kamu yang menyebabkannya menjadi keras. Jadi jika kamu sudah punya jadwal rutin makan tidak ada lagi alasan menunda buang air besar.

Meskipun kamu mencoba untuk sehari sekali BAB namun yang keluar hanya sedikit tidak masalah jika kamu melakukannya rutin. Lama kelamaan tubuh dan pikiran kamu otomatis akan mengetahui bahwa kamu memiliki jadwal rutin untuk BAB dan selanjutnya akan menjadi kebiasaan.

Terapkan hal ini juga kepada anak biar sejak awal sudah terbiasa melakukan BAB secara rutin dipagi hari.

  1. Berendam Dengan Air Garam Epsom

Kamu bisa melakukan terapi berendam dengan air garam epsom. Campurkan dengan air dan kamu bisa berendam diair tersebut. Untuk takarannya secukupnya saja sesuai dengan air rendaman.

Air rendaman garam ini salah satu cara mengatasi buang air besar keras dikarenakan akan memfungsikan kembali pergerakan dan percernaan diusus sehingga membuat kotoran menjadi lunak.

  1. Minum Minyak Zaitun

Minum disini adalah dengan mencampurkannya setengah sendok makan kedalam perasan air jeruk atau dalam segelas susu. Dengan meminum ramuan tersebut kotoran akan lebih lunak dan mudah untuk dikeluarkan.

Jika kamu tidak bisa meminum ramuan tersebut, kamu juga bisa menambahkannya sebagai campuran dalam memakan salad buah. Namun jika kamu wanita hamil atau anak dibawah umur, kami sarankan untuk tidak menggunakan tips berikut ini.

  1. Dengan Obat (Optional)

Jika dengan cara diatas tidak berhasil, maka coba kamu meminta saran dokter yang nantinya akan diberikan obat pencahar yang herbal. Namun tips ini bersifat optional atau bisa kamu lakukan atau tidak.

 

Baca Juga >>> Apa Sih Manfaat Daun Bidara dan Cara Menggunakannya ? <<<

Lalu sebenarnya apa sih penyebab dari susah buang air besar karena keras ? Berikut penjelasannya

  • Pola hidup yang Tidak Sehat, seperti kekurangan serat dan cairan, atau malas berolahraga menjadi penyebab utama BAB kamu keras.
  • Dikarenakan Sering Menunda BAB, jika memang sudah kerasa untuk ingin BAB maka janganlah menunda nunda sehingga menyebabkan menumpuknya kotoran tersebut.
  • Pengaruh Obat, ada beberapa obat yang bisa mempengaruhi BAB menjadi keras. Seperti obat suplemen, diuretik, morfin, antipsikotik dan lainnya.
  • Karena Penyakit Tertentu, ada beberapa penyakit yang membuat BAB keras seperti diabetes, kelebihan kalsium, radang usus, kanker usus dan iritasi usus besar yang menyebabkan susah BAB
  • Stres, faktor lainnya adalah karena beban pikiran atau stres, kecemasan, atau merasa depresi dalam beberapa masalah.

 

Penutup

Itu tadi beberapa cara mengatasi buang air besar keras yang bisa kamu coba secara bertahap untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika cara diatas tidak berhasil maka coba konsultasikan kepada dokter mengenai masalah kamu. Terima kasih semoga bermanfaat untuk kita bersama.

One Reply to “8 Cara Mengatasi Buang Air Besar Keras Beserta Penyebabnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published.