Tips Cara Mengecek Rekening Penipu Atau Bukan

cara mengecek rekening penipu

Dengan maraknya jual beli online maka terjadi pula hal negatif yang bisa terjadi, yaitu penipuan. Namun jika kamu berbelanja melalui online, maka bagaimanakah cara mengecek rekening penipu atau bukan?

Jika kamu ingin bertransaksi secara online, maka sudah ada beberapa marketplace yang sudah sangat terpercaya karena menggunakan sistem rekening dari marketplace-nya itu sendiri dan bertindak sebagai penengah antara konsumen dan penjual.

Sehingga minim adanya penipuan di beberapa marketplace terbesar seperti tokopedia, bukalapak, shoopee dan lainnya. Mereka akan mentransfer sesuai uang yang di tentukan jika si pembeli merasa barangnya itu adalah benar dan tidak menipu, lalu uang akan diteruskan ke penjual.

Namun bagaimana jika kamu ingin berbelanja online diluar marketplace tersebut?

Maka kamu harus bisa cek rekening penjual itu penipuan atau bukan untuk membuktikannya. Masih banyak orang yang mudah tergiur dengan barang murah tanpa adanya pengamanan saat berbelanja, sehingga gampang tertipu.

Berikut ini cara cek rekening penipu atau bukan.

  1. Cek rekening penjual di CekRekening.id

Situs ini adalah situs bantuan kepada masyarakat agar lebih berhati hati dan mengecek rekening penjual sebelum melakukan transaksi.

cara mengecek rekening penipu

Situs ini bisa memeriksa apakah rekening seseorang sudah pernah dilaporkan atas dasar penipuan atau belum. Kamu juga bisa membantu konsumen lainnya dalam melaporkan tindak penipuan secara onle dengan melaporkan melalui situs ini. Tentu saja dengan bukti yang kuat.

Cara cek rekening penipuan adalah :

  • Kunjungi situs cekrekening.id
  • Dihalaman home awal sudah tersedia kotak form yang bisa kamu isikan.
  • Pilih nama bank pengguna
  • Masukkan nomor rekeningnya
  • Lalu klik captca “i’m not robot” lalu klik “Periksa Rekening”

Maka akan keluar informasi mengenai rekening tersebut sudah pernah di laporkan atau belum

  1. Cara Melaporkan Rekening Penipuan

Masih menggunakan situs cekrekening. Kamu juga bisa melaporkan rekening penipuan jika memang kamu adalah korban penipuan. Namun untuk bisa melaporkan rekening penipu kamu juga harus punya bukti yang kuat.

cara melaporkan rekening penipu

Simpan atau screenshoot percakapan kamu, simpan dan foto bukti transfer, ataupun kronologi kamu bertransaksi.

Cara melaporkannya adalah :

  • Buka situs cekrekening
  • Lalu klik opsi “Laporkan Rekening”
  • Kemudian isi di form “buat laporan”
  • Isi Nama Bank, No Rekening, Nama Pemilik, Ketegori, Jumlah Kerugian, Sumber/Media Transaksi, Kronologi, Serta Lampiran Bukti Berupa foto
  • Jika sudah diisi kemudian klik capcha kemudian sumbmit form.

 

Tips Berbelanja Online Secara Aman :

  1. Cek identitas penjual

Kamu bisa cek identitas penjualnya terlebih dahulu. Jika sudah diketahui nomor rekeningnya maka kamu bisa cek rekening tersebut dengan tips diatas.

Namun jika ternyata memang tidak ada pelaporan, langkah selanjutnya adalah dengan cek identitas penjual. Kamu cek akun media sosialnya, bisa dari bukti transaksinya, atau dari testimoni pembeli lainnya.

Jika akun komentar di medsos penjual tidak diaktifkan, maka kamu harus hati hati. Ini sudah pertanda penjual tidak ingin ada yang komplain kepadanya.

  1. Arahkan Ke Marketplace

Jika kamu masih belum yakin, maka coba bernegosiasi dengan mengarahkan pembelian dengan menggunakan marketplace seperti tokopedia, bukalapak atau shopee.

Suruh si penjual untuk membuat lapak khusus dimana hanya kamu yang mengetahui lapak yang dijualnya.

Ini menjadi cara teraman dalam bertransaksi online. Jika penjual menolak, maka kamu wajib untuk berhati hati meskipun dengan berbagai alasan yang diucapkannya.

  1. Gunakan Rekber

Rekber atau rekening bersama adalah solusi penengah dalam berjualan online. Kamu bisa mencari jasa rekber online yang ada di internet.

Jadi sistemnya sama seperti marketplace yang menawarkan rekening penengah. Jadi bisa tetap aman.

  1. COD

Cash On Delivery (COD) jika memang barang yang kamu mau ada dikotamu, kamu bisa menggunakan sistem COD atau cek secara langsung barangnya kemudian bayar ditempat.

 

Penutup

Jangan terlalu percaya dengan iming iming harga murah dan penawaran lainnya. Yang terpenting adalah cek kredibilitas dari penjual apakah dapat dipercaya atau tidak. Tips dan cara mengecek rekening penipu diatas bisa selalu kamu coba. Jika ada tips lainnya bisa kamu tambahkan dikolom komentar.

Terima kasih, semoga membantu.

Baca Juga >>> Cara Mendaftar Lokasi Alamat Di Google Maps Melalui HP dan Komputer <<<

Leave a Reply

Your email address will not be published.